Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pematang Karau dan Tim Gabungan Salurkan Bantuan Banjir ke Desa Muara Pelantau

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Desember 2023 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Pematang Karau Setia Murni bersama tim gabungan dari BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur dan Koramil 1012-06 Bambulung menyalurkan bantuan paket bahan kebutuhan pokok untuk warga terdampak banjir di Desa Muara Pelantau, Kamis, 14 Desember 2023.

Untuk menjangkau desa yang berada di tepian sungai dan sebagian besar wilayah desa berupa rawa, rombongan harus menempuh total perjalanan selama satu setengah jam dari Kantor Camat Pematang Karau dan setengah jam terakhir menempuh jalur air dengan menggunakan perahu.

"Armada sungai hanya satu klotok (perahu) yang besar, jadi harus dua kali tadi mengangkutnya bolak-balik. Lewat titian yang terhubung ke desa tidak bisa karena titiannya terendam banjir," ungkap Camat Pematang Karau Setia Murni, saat diwawancarai usai menyalurkan bantuan.

Menurutnya, kali ini jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak  110 paket, namun pihaknya berencana pada hari berikut akan kembali menyalurkan bantuan di desa tersebut karena terjadi peningkatan jumlah warga yang terdampak banjir.

"Malam ini ada kenaikan air jadi didata lagi penambahan untuk paket bantuan besok," kata Setia Murni melalui pesan Whatsapp pukul 22.45 WIB.

Sebelumnya pada Senin, 11 Desember 2023, Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan mengatakan. Pemkab Barito Timur menetapkan status tanggap bencana banjir selama 7 hati ke depan.

"Kita mengeluarkan surat edaran tanggap darurat banjir selama 7 hari ke depan, karena dari prediksi BMKG curah hujan tinggi masih akan berlangsung sampai bulan Januari nanti," katanya saat menyalurkan paket bantuan bahan kebutuhan pokok kepada warga terdampak banjir di Desa Magantis Kecamatan Dusun Timur.

Pj Bupati menjelaskan, pemerintah daerah telah melaksanakan rapat koordinasi guna mempercepat bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir.

"Bantuan itu didistribusikan dari dana BTT (Belanja Tidak Terduga). BTT Kabupaten Barito Timur pada tahun 2023 terdapat Rp10 miliar, kurang lebih Rp2 miliar kita alokasikan untuk tanggap bencana banjir," jelasnya.

Menurut Kepala Daerah, kondisi bencana yang melanda beberapa desa di Kecamatan Dusun Timur, Patangkep Tutui, Raren Batuah, Dusun Tengah dan Kecamatan Pematang Karau itu menjadi kesempatan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat.

Berita Terbaru