Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Tekankan Pentingnya Koordinasi Tangani Konflik di Kalteng

  • Oleh Marini
  • 15 Desember 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Dini Edy Yusuf menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara Satgas Penanganan Konflik Sosial (PKS) dengan lembaga pemerintah, kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, serta seluruh pihak terkait lainnya. 

Kolaborasi yang solid dan terkoordinasi dengan baik menjadi kunci keberhasilan dalam menangani konflik sosial di Kalteng.

Faktor-faktor khusus yang terkait dengan konflik sosial di Kalteng. Sebagai contoh, masalah sumber daya alam, hak-hak adat, serta isu-isu lain yang relevan dengan situasi di Provinsi Kalteng saat ini.

"Untuk itu perlu merumuskan strategi yang lebih tepat dan efektif. Dan sinergi dengan lembaga terkait, seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Pertahanan Nasional (BPN), dan lainnya," katanya, Jumat, 15 Desember 2023.

Ia mengharapkan, sinergi yang kokoh dengan lembaga-lembaga ini akan memperkuat upaya penanganan konflik sosial.

"Termasuk dalam hal pengumpulan informasi, analisis, dan pelaksanaan tindakan preventif," ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, katanya upaya pencegahan harus melibatkan masyarakat secara aktif dan mengedepankan pendekatan inklusif dalam pembangunan yang berkelanjutan. 

Agar secara bersama-sama dapat menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis di Kalteng. (MARINI/H)

Berita Terbaru