Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pematang Karau Bersama TNI-Polri Kembali Salurkan Bantuan Banjir di Muara Pelantau

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Desember 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Pematang Karau di Kabupaten Barito Timur, bersama personel TNI dan Polri kembali menyalurkan 130 paket bantuan bahan kebutuhan pokok untuk warga Desa Muara Pelantau yang terdampak banjir, Jumat, 15 Desember 2023.

"Jadi ini hari kedua penyaluran karena ada peningkatan jumlah warga yang terdampak banjir di desa tersebut," ungkap Camat Pematang Karau Setia Murni melalui pesan Whatsapp usai menyalurkan bantuan pada pukul 21.39 WIB.

Sedangkan pada hari sebelumnya jumlah paket yang disalurkan sebanyak 110 paket sehingga total berjumlah 240 paket. Tim gabungan bekerja hingga malam membagikan langsung bantuan tersebut kepada penerima untuk memastikan penyaluran tepat sasaran.

"Kondisi terakhir diperkirakan malam ini banjir mulai surut di wilayah Muara Pelantau," terang Setia Murni.

Sejak Senin, 11 Desember 2023, Pemkab Barito Timur menetapkan status tanggap bencana banjir selama 7 hati. Penetapan status itu dilakukan usai rapat koordinasi guna mempercepat bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir.

"Bantuan itu didistribusikan dari dana BTT (Belanja Tidak Terduga). BTT Kabupaten Barito Timur pada tahun 2023 terdapat Rp10 miliar, kurang lebih Rp2 miliar kita alokasikan untuk tanggap bencana banjir," kata PJ Bupati Barito Timur Indra Gunawan saat itu.

Menurutnya, kondisi bencana yang melanda beberapa desa di Kecamatan Dusun Timur, Patangkep Tutui, Raren Batuah, Dusun Tengah dan Kecamatan Pematang Karau itu menjadi kesempatan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat.

"Kemudian juga ini masih ada kemiskinan ekstrem, ada stunting dan ada saudara-saudara kita yang menyambut Natal. Jadi kesempatan ini adalah momentum yang baik untuk kita salurkan bantuan," imbuh Indra Gubawan. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru