DPRD Minta Dinas Kelautan Tingkatkan Pengawasan Sumberdaya Laut

  • Oleh M. Rifqi
  • 01 Mei 2016 - 20:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Anggota Komisi II DPRD Kotim Roy Lumban Gaol meminta Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) setempat lebih aktif meningkatkan pengawasan di laut Kotim.  Peningkatan pengawasan itu sebagai upaya tetap menjaga kekayaan sumber daya kelautan. 

Selain itu juga untuk menghindari pencurian sumber daya laut oleh  nelayan-nelayan luar daerah tanpa izin. Guna menekan aktivitas para nelayan menangkap ikan secara ilegal, DKP harus memperketat pengawasan, kata dia, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Minggu (1/5/2016).

Seringnya patroli di sejumlah wilayah pesisir akan mempersempit ruang gerak para nelayan ilegal yang hendak menangkap ikan di perairan Kotim. Upaya  meningkatkan pengawasan itu bisa dilakukan melalui  kerja sama dengan pihak terkait seperti Polisi Air.

Sepengetahuan saya setiap tahunnya DPRD menganggarkan biaya pengawasan wilayah perairan Kotim. Sehingga diharapkan instansi terkait meningkatkan pengawasan, bisa bekerjasama dengan polisi air, cetus dia.

Selain itu, demi tetap melestarikan sumber daya laut dan mensejahterakan para nelayan, politisi asal PAN itu mengimbau agar mereka diberi pembinaan dengan diarahkan membeli kapal-kapal besar dengan cara kredit dan dibantu kebijakan pemerintah daerah, agar dapat menghasilkan ikan yang lebih banyak.

Tetapi jika para nelayan kecil tidak mampu membeli kapal besar, bisa diusahakan membantu dengan memperbaiki kapal-kapal kecil mereka yang mengalami kerusakan, ujar dia.  (RF/*) 

Berita Terbaru