Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Seruyan Bakal Luncurkan Aplikasi Kebencanaan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 20 Desember 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Sebagai upaya untuk menunjang pelayanan pemerintah dalam menangani kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan   dalam waktu dekat bakal meluncurkan aplikasi kebencanaan.

“Mulai akhir tahun 2023 ini BPBD Kabupaten Seruyan akan menggunakan aplikasi kebencanaan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seruyan Agung Sulistyono, Rabu, 20 Desember 2023.

Agung menjelaskan, aplikasi kebencanaan ini dapat di-download atau diunduh ke handphone android lewat Google Playstore. Melalui aplikasi ini dapat dilakukan penyampaian informasi kebencanaan kepada masyarakat luas.

“Melalui aplikasi ini kita bisa melihat jenis-jenis bencana apa yang terjadi di wilayah Kabupaten Seruyan,” ungkapnya, seraya menjelaskan masyarakat umum pun bisa melaporkan informasi bencana yang terjadi di sekitarnya melalui aplikasi kebencanaan tersebut.

Dengan aplikasi ini, keberadaan titik panas (hot spot) juga bisa dilihat langsung lewat handphone masing-masing, sehingga akan memudahkan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) karena tidak perlu lagi harus memantau hot spot dari dekat.

“Aplikasi kebencanaan ini sebetulnya sudah dikembangkan BPBD Kabupaten Seruyan sejak tahun 2020 lalu. Hanya saja penerapannya baru akan kita coba pada akhir tahun 2023 ini,” jelasnya.

Agung kembali menjelaskan, aplikasi kebencanaan ini akan disandingkan dengan website yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Seruan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Karena sementara ini server BPBD masih menggabung dengan server umum, sebab BPBD masih belum punya server sendiri. Namun apabila anggaran dan regulasinya memungkinkan, ke depan BPBD diharapkan bisa menggunakan server sendiri.

Lebih lanjut Agung mengatakan, wacana ke depan pihaknya juga berencana akan memasang kamera CCTV di daerah-daerah rawan bencana di wilayah Kabupaten Seruyan.

“Kami punya rencana memasang CCTV pada daerah rawan bencana, misalnya banjir dan lainnya, sehingga apabila ada kejadian bisa terpantau secara langsung melalui aplikasi kebencanaan tersebut,“ tukasnya. (FAHRUL/j)

Berita Terbaru