Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dapat Kunjungan DPRD, Manager PLN ULP Pulang Pisau: Ada Tiga Desa Mengajukan Kelistrikan

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 21 Desember 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Manager PLN ULP Pulang Pisau, Gustiyadi Fathur Rahmandi mengatakan, beberapa waktu yang lalu pihaknya mendapatkan kunjungan kerja dari Komisi III DPRD Pulang Pisau bertempat di kantor PLN Unit Induk Distribusi Kalselteng di Banjarbaru.

Kunjungan tersebut untuk memenuhi kelistrikan di desa yang saat ini memang masih belum tersentuh oleh listrik.

"Ada tiga Desa yang mengajukan percepatan kelistrikan antara lain yaitu Desa Sei Hambawang, Desa Sei Bakau dan Desa Cematan," ucapnya, Rabu, 20 Desember 2023.

Ia menjelaskan, menjadi hal awal yang sangat penting ialah nantinya dengan melakukan survei. Survei tersebut, untuk melihat apakah ada akses jalan darat atau tidak yang dilakukan oleh tim UP2K Kalteng sampai dengan proses pembangunan infrastruktur jaringan PLN nantinya. 

"Dari tiga Desa, Tim UP2K Kalteng telah melakukan survei ke Desa Cemantan pada tahun 2019 dengan hasil survey kondisi akses jalan menuju Desa merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui roda dua. Untuk dua Desa lainnya, yaitu Desa Sei Hambawang dan Sei Bakau belum dilaksanakan survei karena terkendala jarak. Rencana kedepannya, untuk kelistrikan tiga Desa tersebut adalah sistem Isolated atau genset." jelasnya.

Saat ini, sistem kelistrikan PLN Kalselteng sudah tergabung dengan Sistem kelistrikan Kaltimra. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan listrik, PLN berharap bisa semakin cepat untuk menyambung desa-desa yang belum tersentuh sehingga bisa meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Kalteng khususnya beserta menyambung pelanggan captive," katanya.

Ia menambahkan, saat ini untuk rasio elektrifikasi Kalteng sendiri belum bisa mencapai 100 persen. Akan tetapi, Tahun ini PLN UP3 Kuala Kapuas bekerja sama dengan PLN UP2K Kalteng berfokus untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi serta peningkatan kehandalan suplai listrik ke pelanggan PLN.

"Salah satu peningkatan kehandalan ialah dengan melakukan pembangunan tower penyeberangan sungai dengan tujuan untuk lebih meningkatkan suplai listrik mulai dari Kahayan Hilir sampai Kahayan Kuala. Serta, pelaksanaan Karya Bakti oleh gabungan tim khusus milik PLN yaitu Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Kondisi Bertegangan) pada awal november 2023 kemaren," tutupnya. (M PRADILA KANDI/j)

Berita Terbaru