TK Bhayangkari: Ajak Anak Mencintai Pohon dan Hutan

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 01 Mei 2016 - 19:35 WIB

MENCINTAI alam merupakan suatu keharusan. Dan cinta kepada alam lingkungan, harus ditanamkan sejak dini. Sejak masih duduk di bangku TK.  

Pemikiran itu pulalah yang tertanam dalam benak para pendidik di Taman Kanak-kanak (TK) Bhayangkari, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Para pengasuh sekolah yang bernaung di bawah  Polres Kotawaringin Barat itu mengajak anak-anak didik mereka mencintai alam. Yaitu dengan cara berlatih menanam pohon, mengenal aneka-macam pohon.

“Karena itu kami ajak anak-anak ke sini.  Agar mereka belajar mengenal pohon. Belajar menanam pohon. Dan kelak, diharapkan mereka memelihara pohon, memelihara hutan kita,” kata Titi, salah seorang guru TK tersebut.

Tempat  belajar mengenal dan belajar menanam pohon yang dimaksud Titi adalah markas FNPF (Friends of National Park Foundation)  pimpinan Basuki Budi Santoso, yang ada di sudut desa di kawasan Kumai.

Acara santai yang dipandu para guru itu diakhiri dengan acara minum teh bunga rosella buatan para voluntir yang bekerja di FNPF.  “Teh bunga rosella ini kaya akan vitamin C,”  tutur Basuki.

Anak-anak dan seluruh guru pembimbing mencicipi teh bunga rosella hangat  yang disajikan basuki dan kawan-kawan.

Lebih dari 50-anak TK itu,  usai menanam pohon, dengan bimbingan para voluntir dari Jepang. Belanda dan Spanyol mendapat pengetahuan tentang peternakan ikan,  ayam, tanaman rosella dan berbagai tanaman hutan lainnya. 

Setelah itu, mereka pulang  mendapat oleh-oleh berupa satu batang pohon. “Ditanam di mana Pak?” tanya anak-anak itu .

“Ditanam di pekarangan, di depan atau belakang rumah masing-masing,” jawab  Basuki, sambil menjelaskan kepada para  guru bahwa pohon yang  mereka bawa adalah pohon buah-buahan khas Kalimantan. (*)

Berita Terbaru