Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6.000 Ribu Hektar Lahan Pertanian Belum Bisa Memanfaatkan Bendungan Karau

  • Oleh Marini
  • 24 Desember 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sampai saat ini sebanyak 6.000 ribu hektar lahan pertanian masyarakat, belum memanfaakan Bendungan Karau yang berada di Desa Natapin, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

Kondisi ini memprihatinkan. Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo yang mengatakan bahwa bendungan tersebut, dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya, terutama untuk saluran sekunder, tersier, kuarter.

"6.000 ribu hektar lahan pertanian belum bisa memanfaatkan Bendungan Karau. Kalau itu bisa, maka dapat membantu untuk disalurkan ke lahan-lahan penduduk, maka produksi padi dapat diprediksi sekitar 5,9 ton bisa meningkat seperti daerah-daerah lain," tuturnya, Sabtu, 23 Desember 2023.

Ia juga mengutarakan, saat ini pihaknya melaksanakan koordinasi di lapangan dengan Balai dan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, supaya bersama-sama melihat apa yang bisa dilakukan kedepannya. 

Ia juga menyebut, bahwa bendungan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan pertanian masyarakat di wilayah Desa Natapin dan daerah lainnya.

"Menurut laporan dari dinas terkait, potensi bendungan ini sangat luar biasa, karena bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menebar bibit ikan, sehingga nantinya bisa menjadi mata pencaharian, dan juga bisa sebagai tempat pariwisata," ungkapnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru