Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Prihatin Bahasa Daerah Hampir Ditinggalkan

  • Oleh Marini
  • 24 Desember 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Siswandi meminta, agar upaya pelestarian bahasa daerah harus lebih diperkuat. 

"Hal ini penting karena semakin hari bahasa daerah semakin ditinggalkan," katanya, Minggu, 24 Desember 2023.

Ia menyebut, keberadaan bahasa daerah sangat penting untuk dapat terus dilestarikan, sebab itu merupakan salah satu jati diri daerah yang perlu dipertahankan.

"Memperkuat pelestarian bahasa daerah ini bisa melalui berbagai program salah satunya yakni pendidikan, tidak hanya pada tingkat bawah saja tapi juga atas," tegasnya.

Ia prihatin di era sekarang ada banyak masyarakat terutama generasi muda lokal di Kalteng yang tidak menguasai bahasa daerahnya sendiri. 

"Dalam upaya melestarikan tentu hal ini perlu untuk diperhatikan. Harusnya masyarakat atau generasi muda lokal itu pasih dalam bahasa daerahnya sendiri, karena itu jati diri mereka," tuturnya.

Melihat, seiring perkembangan jaman katanya sekarang ini malah muda mudi lokal ada yang tidak menguasai bahasa daerahnya sendiri.

"Terlebih lagi di wilayah perkotaan, anak-anak muda lebih banyak menggunakan bahasa daerah lain dibandingkan bahasa daerahnya sendiri, hal ini tentu diakibatkan oleh kurangnya perhatian terhadap pelestarian bahasa daerah tersebut," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru