Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Pemdes Diminta Pro Aktif Demi Penuhi Target PBB-P2

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Desember 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Setedy hadir dan memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakordalev) Pendapatan Asli Daerah (PAD) Triwulan IV Tahun anggaran 2023 dan persiapan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2024 bertempat di Aula Bappelitbangda Kapuas.

Septedy menegaskan untuk memenuhi target Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang pemungutnya sudah menjadi kewenangan Daerah, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kapuas.

"Aparat kecamatan, kelurahan dan desa lebih pro aktif melakukan pemungutan dengan cara jemput bola terhadap warga sebagai wajib pajak," katanya, Jumat, 29 Desember 2023.

Bila perlu, lanjut dia bagi wajib pajak potensial yang taat membayar pajak agar diberikan penghargaan atas partisipasinya membayar pajak.

Kemudian, lanjut dia terkhusus kepada perangkat daerah pengelola pendapatan agar dapat megoptimalkan pengawasan dan pengendalian kepada petugas pemungut yang telah dipercayakan pada masing-masing Kecamatan agar penerimaan yang dihimpun tidak mengalami kebocoran.

Selain itu, lanjut dia agar penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dapat segera di implementasikan dengan pemanfaatan kanal-kanal pembayaran seperti Teller Bank, ATM, EDC, Mobile Banking, kanal lain seperti Fintech, E-Comerce, dan Qris.

"Karenanya Perangkat Daerah pengelola Retribusi Daerah, yang justru belum memanfaatkan serta mengimplementasi elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah dengan pemanfaatan kanal-kanal pembayaran tersebut agar segera diimplementasikan," pungkasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru