Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kapuas Sudah Vaksinasi Rabies 2.403 Hewan di Akhir 2023

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Januari 2024 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah melakukan vaksinasi rabies terhadap 2.403 ekor hewan yang tersebar di 10 kecamatan, periode Desember 2023.

Kepala Distan Kapuas, Yaya melalui Medik Veteriner Muda, drh Anik Ariswandani mengatakan, 10 kecamatan yang jadi sasaran yaitu Basarang, Kapuas Hilir, Mantangai, Kapuas Barat, Bataguh, Selat, Kapuas Murung, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu dan Timpah. 

"Kegiatan dilaksanakan serentak pada bulan Desember kemarin terhadap 2.403 ekor HPR (hewan penular rabies)," kata Anik kepada wartawan, Senin, 1 Januari 2024.

Ia menyebutkan, masyarakat sangat antusias. Sebab, vaksinasi rabies pada pertengahan tahun 2023 hanya dapat dilaksanakan pada 500 ekor HPR dikarenakan keterbatasan stok vaksin rabies. 

"Banyak masyarakat yang meminta adanya vaksinasi tambahan karena sudah mulai bagus kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi rabies," ucapnya.

Apalagi, lanjut dia, adanya pemberitaan kasus rabies yang positif pada manusia di beberapa kabupaten membuat masyarakat khawatir akan menjangkit di Kabupaten Kapuas. 

"Ketika ada pemberitahuan adanya kuota tambahan untuk vaksinasi rabies, masyarakat menyambut gembira. Hampir tidak ada penolakan dari masyarakat terhadap hewan yang akan divaksin," pungkasnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru