Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Barito Timur Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Januari 2024 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan memimpin upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama di pelataran Kantor Kemenag Barito Timur, Rabu, 3 Januari 2024.

Peringatan HAB ke-78 yang mengusung tema Indonesia Hebat Bersama Umat tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Barito Timur H Ahmadi, Ketua DPRD Nursulistio dan unsur Forkopimda lainnya, Ketua FKUB H Rumli, beberapa kepala perangkat daerah Pemkab Barito Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu PJ Bupati membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan menyampaikan ucapan selamat memperingati HAB ke-78 Kementerian Agama.

"Hari ini kita telah memasuki tahun 2024. Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama. Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna," ucapnya.

Pj Bupati mengatakan, HAB tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

"Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,"  pintanya.

Sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, lanjut Indra Gunawan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Di antara tugas berat itu adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

"Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya
terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama," lanjutnya.

Selain itu, Kementerian Agama juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

"Melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas Kementerian Agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan
kepada kita semua. Penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university, religiousity index, tahun kerukunan umat beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh
umat," paparnya.

Berita Terbaru