Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kotim Mulai Sortir dan Lipat Ribuan Surat Suara

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Januari 2024 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - KPU Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai menyortir dan melipat ribuan surat suara di gudang logistik Gedung Futsal Indoor Stadion 29 November, Sampit, Rabu, 3 Januari 2024.

"Yang kami lipat awal ini untuk surat suara DPRD provinsi sebanyak 621 box, masing-masing box berisi 500 lembar," kata Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi.

Ia menjelaskan, KPU Kotim melakukan proses sortir sebelum pelipatan untuk memastikan tidak ada surat suara salah Dapil atau cacat. Jika KPU Kotim menemukan surat suara yang rusak, pihaknya akan mengikuti petunjuk teknis dari KPU RI tentang spesifikasi surat suara yang masih layak untuk digunakan maupun surat suara yang tidak layak. 

Lanjutnya, KPU Kotim akan memisahkan surat suara yang tidak layak kemudian melakukan sortir tahap kedua. Pada sortir tahap kedua akan ditetapkan kelayakan surat suara.

Pelipatan dan penyortiran surat suara tersebut melibatkan 182 orang yang direkrut dari masyarakat umum khusus membantu pelipatan dan penyortiran surat suara.

"Kami memberikan tenggat waktu paling lama 1 minggu atau 7 hari untuk menyelesaikan pelipatan surat suara," ujarnya.

Sehingga pihaknya terus mengevaluasi setiap hari apakah dengan 182 orang dengan waktu hingga pukul 17.00 WIB mampu menyelesaikan pelipatan ribuan surat suara tersebut pada waktu yang ditargetkan.

"Jika hasil evaluasi nanti jumlah surat suara yang dilipat masih sedikit tentu kami akan menambah waktu hingga malam hari atau bisa juga dilakukan penambahan orang dengan mempertimbangkan kapasitas tempat," imbuhnya.

Sebelumnya KPU Kotim telah menerima surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota masing-masing 310.168 surat suara pada Sabtu, 16 Desember 2023. Kemudian surat suara DPD RI dan Pemilihan Presiden dan wakil presiden (PPWP) masing-masing sejumlah 310.168 pada Kamis, 21 Desember 2023. Jumlah tersebut sudah termasuk 2 persen surat suara cadangan. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru