Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Terusan Mulya dan Bangun Harjo Paparkan APBDes, ini Harapan Camat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Januari 2024 - 14:30 WIB

BORNEONRWS, Kuala Kapuas - Pemerintah desa (Pemdes) Terusan Mulya dan Pemdes Bangun Harjo telah memaparkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024, bertempat di Aulan Kantor Kecamatan Bataguh.

Hadir dalam kegiatan Camat Bataguh Syuryadin, Sekretaris camat Anugerah Perkasa Baboe, Staff Kantor Camat Bataguh, Pendamping Desa (PD) Rijali Rahman dan Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Rio Permadi, Titi dan Wiwik Qomariah, Kepala Desa Bangun Harjo, Sutono dan Pj Kepala Desa Terusan Mulya, Kusnan serta perangkat desa.

Camat Bataguh, Syuryadin menyebutkan ini adalah giliran dua desa untuk memaparkan apa saja yang akan dialokasikan untuk penggunaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa yaitu Desa Terusan Mulya dan Bangun Harjo. 

"Dari pemaparan ini nantinya kita tim dari kecamatan akan mengevaluasi dan diskusikan bersama," katanya, Jumat, 5 Januari 2024.

Ia menuturkan, pemaparan APBDes ini sebenarnya adalah kegiatan yang merupakan rutinitas dalam menentukan pedoman pembangunan desa satu tahun ke depan. 

Karenanya, camat berharap apa saja yang disusun berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dengan unsur pemerintahan desa itu diakomodir.

"Lalu kita bahas bersama untuk dilihat dan dinilai serta didiskusikan secara bersama, mana yang skala prioritas," harapnya.

Selain dana yang bersumber dari DD maupun ADD untuk perwujudan pembangunan, sumber dari luar juga patut menjadi pertimbangan. Seperti dari kabupaten maupun provinsi atau dari APBD maupun APBN,

”Seperti diketahui, Dana Desa itu peruntukan sudah ada persentasenya, baik fisik maupun non fisik. Untuk pemenuhan infrastruktur dan non infrastruktur tentu diharapkan dari luar dana desa tersebut. Dari situlah kita harus mengajukan usulan,” pungkasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru