Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berbagai Persoalan di Kalteng Tahun Lalu Diharapkan Tidak Kembali Terulang

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Januari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng Wiyatno mengharapkan berbagai persoalan yang terjadi di tahun 2023 lalu tidak kembali terulang pada 2024 ini.

Wiaytano mengatakan, ada sejumlah persoalan yang terjadi selama tahun 2023 seperti diantaranya konflik di sektor perkebunan, pertambangan, banjir, hingga kebakaran hutan dan lahat (karhutla).

"Seperti halnya konflik hingga aksi penjarahan kebun di beberapa wilayah Kotim dan Seruyan, ini menjadi catatan dalam dinamika konflik di Kalteng yang jangan sampai kembali terulang," katanya, Sabtu, 6 Januari 2024.

Selain itu, wiyatno juga menyoroti, persoalan lingkungan, terutama terkait bencana banjir dan karhutla. Kondisi ini memberikan tantangan serius bagi masyarakat dan pemda dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

"Dalam penanganan persoalan lingkungan ini diperlukan upaya lebih dari pemda, sehingga nantinya ketika itu kembali terjadi pemerintah semakin siap dalam mengahadapinya dan perlu upaya juga unthk meminimalisir kejadian itu," ujarnya.

Namun, terlepas dari itu Wiyatno menyebutpihaknya tentu mengapresiasi Gubernur, Wakil Gubernur, dan seluruh OPD di ruang lingkup pemprov Kalteng hingga kabuoaten kota yang telah bekerja secara maksimal dalam menanggulangi konflik serta permasalahan lingkungan selama ini.

"Tentu ada banyak tantangan dan kendala, namun kita patut bersyukur semua dapat diatasi dan menunjukkan hasil yang lebih baik. Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya," ucapnya.

Wiyatno menegaskan, penyelesaian masalah sosial memerlukan kerja sama dan komitmen dari semua pihak, sehingga sinergi antara pemda dan masyarakat agar dapat terus ditingkatkan.

"Langkah-langkah preventif dan kebijakan yang berkelanjutan perlu diterapkan untuk mencegah terulangnya konflik sosial serta berbagai persoalan lainnya di masa mendatang," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru