Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta Aksi Balap Liar Ditangani Secara Serius

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Januari 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Maraknya aksi balapan liar khususnya di Palangka Raya yakni di daerah jalan menuju Bandara Tjilik Riwut akhir-akhir ini menuai keprihatinan sejumlah kalangan termasuk Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi.

Siswandi pun meminta aksi balapan liar yang kerap dilakukan oleh sejumlah kalangan anak muda itu agar ditangani secara serius oleh pihak-pihak terkait untuk meminimalisir dampak negatif yang akan timbul dikemudian hari dari aksi tersebut.

"Banyak lokasi yang dijadikan anak-anak muda di Palangka Raya untuk balapan liar baik itu sore maupun malam. Balapan liar ini tentu sangat mengkhawatirkan dan berbahaya bagi pengguna jalan lainnya karena dilakukan di jalan raya," katanya, Senin, 8 Januari 2024.

Siswandi mengatakan, aksi itu perlu mendapat perhatian dari pihak terkait dan perlu mengambil langkah untuk mengalihkan kegiatan balapan liar tersebut ketempat semstinya seperti sirkuit balapan yang ada di Kota Palangka Raya.

"Di Palangka Raya ini kan ada sirkuit, nah mereka bisa dialihkan kesana, sebab balapan itu seharusnya di sirkuit bukan di jalan raya. Terlepas dari itu juga balapan di sirkuit harus dilakukan pengawasan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Di sisi lain, dalam hal penanganan terhadap aksi balapan liar ini tentu diperlukan pendekatan persuasif terhadap para pelaku, sehingga nantinya mereka dapat memahami bahaya yang akan timbul akibat dari aksi yang dilakukan tersebut baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Selain itu, balapan liar ini juga banyak dilakukan oleh anak-anak sekolah, jadi Disdik juga bisa mensosialisasikan terkait dampak negatif dari aksi ini. Intinya kita ingin anak-anak muda itu diarahkan untuk melakukan hal-hal positif," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru