Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Gumas: Hindari Pernikahan Usia Anak untuk Cegah Stunting

  • Oleh Riska Yulyana
  • 11 Januari 2024 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ketua Komisi III DPRD Gunung Mas Iceu Purnamasari mengimbau kepada pemuda, remaja dan masyarakat di wilayah setempat agar menghindari pernikahan dini atau pernikahan usia anak untuk mencegah stunting. 

"Kami mengimbau khususnya kepada remaja di Kabupaten Gunung Mas agar menghindari menikah di usia dini, lebih baik fokus menggapai cita-cita dan masa depan," kata Iceu, Kamis, 11 Januari 2024.

Sebab kata Iceu banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan menikah, termasuk kondisi fisik dari sang calon ibu.

"Saat menikah di usia yang terlalu dini, kondisi perempuan belum siap dan apa bila mereka hamil bisa melahirkan anak dengan kondisi stunting," paparnya.

Lebih lanjut, bayi yang lahir dengan stunting ditakutkan tumbuh kembangnya juga terhambat, termasuk perkembangan kognitifnya juga terhambat.

"Jadi dari pada menikah usia dini, lebih baik ikuti berbagai kegiatan positif yang bisa mengasah kemampuan dan baik untuk masa depan," terang Iceu.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, banyak kegiatan positif dan wadah yang bisa diikuti oleh pada remaja di Kabupaten Gunung Mas seperti kegiatan olahraga, kesenian dan lainnya. (RISKA YULYANA/H)

Berita Terbaru