Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peluang Penumpang ke Balikpapan Cukup Banyak, Standar Keamanan HMS Belum Memadai Bagi Citilink

  • Oleh Ramadani
  • 13 Januari 2024 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Animo masyarakat yang menggunakan transportasi udara dari Muara Teweh ke Balikpapan cukup banyak, namun ternyata masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan maskapai Citilink belum bersedia untuk melayani rute penerbangan dari Bandara Haji Muhammad Sidik (Muara Teweh) ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Balikpapan) dan sebaliknya. 

"Kalau peluang penumpang cukup banyak untuk rute HMS-BPN, karena rata-rata  penumpang yang berangkat adalah karyawan perusahaan dan mengejar connecting ke rute selanjutnya," kata Kepala UPBU Haji Muhammad Sidik, M Amrillah K kepada media ini, Sabtu 13 Januari 2024.

Hanya saja, lanjut Muhammad Amrillah, sampai sekarang belum ada info terbaru lagi terkait Citilink. Padahal maskapai tersebut sudah pernah melakukan verifikasi lapangan terkait ijin terbang. 

"Citilink sudah pernah verifikasi lapangan, cuman masih terdapat masalah pagar pembatas sisi udara dan pagar pembatas lahan yang belum terpasang semuanya. Jadi mereka keberatan untuk operasional disini. Mungkin kalau pagar batas lahan dan pagar sisi udara sudah terpasang semua, Insha Allah mereka siap terbang disini (HMS-red)," ungkap Kepala UPBU HMS.

Terlebih lagi, menurut Amrillah, pihaknya masih terkendala pada saat pengusulan pembuatan pagar batas lahan dan sisi udara karena keterbatasan anggaran di kantor pusat (Kementerian Perhubungan). 

"Seperti yang kita ketahui, Group Garuda standartnya tinggi terkait keamanan dan keselamatan, kami sudah coba mitigasi dengan melakukan patroli dan standby di runway ujung 32 (arah kuburan Trinsing) setiap jam operasional tetapi tidak diterima juga oleh pihak Citilink," tutur Amrillah. 

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Barut menawarkan kepada maskapai Citilink pembukaan rute penerbangan Balikpapan Kalimantan Timur - Muara Teweh pulang pergi (PP). 

Pemkab Barito Utara melayangkan permohonan kepada pihak Citilink 6 Oktober 2023. Permohonan ditandatangani oleh Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, Mihrab Buana Pati membenarkan adanya surat permohonan Pemkab Barito Utara kepada Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Kadek Dewa Rai. 

Menurut Buana Pati, sapaan akrab Kadishub, permohonan Pemkab Barito Utara karena perkembangan pesat transportasi udara dan tingginya animo masyarakat di Barito Utara dan Murung Raya terhadap penggunaan transportasi udara dari dan ke luar Barito Utara. 

Berita Terbaru