Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pematang Karau Dampingi BPBD Kirim Bantuan untuk Dapur Umum Banjir Muara Pelantau

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Januari 2024 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Pematang Karau Setia Murni mendampingi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Damkar saat mengirimkan bantuan bahan makanan untuk kebutuhan dapur umum bagi warga terdampak banjir di Desa Muara Pelantau Kecamatan Pematang Karau, Senin, 15 Januari 2024.

Pendampingan ini dilakukan sekaligus untuk melihat langsung kondisi warga terdampak banjir sehingga dapat mengambil langkah-langkah strategis maupun menyampaikan laporan kondisi terkini kepada kepala daerah.

"Kami dari Pemerintah Kecamatan Pematang Karau selalu turun langsung monitoring ke wilayah banjir dan mendata desa-desa mana saja yang sering terkena banjir, kemudian mengkoordinasikan data banjir kepada dinas atau badan terkait," ujarnya Setia Murni kepada Borneonews.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah desa agar menyiapkan dapur umum atau posko bencana serta membantu penyaluran bantuan kebutuhan dasar untuk masyarakat.

Kepada masyarakat di wilayah yang dilanda banjir, Setia Murni kembali mengulang imbauan Pj Bupati Barito Timur agar selalu waspada karena Kecamatan Pematang Karau merupakan daerah hilir dataran rendah yang selalu mendapatkan kiriman banjir.

"Awasi anak-anak bermain dan para lansia, kemudian pindahkan dokumen penting dan barang elektronik ke tempat yang lebih aman dan putuskan sambungan listrik yang terendam air. Kalau air semakin dalam segeralah mengungsi ke tempat yang aman dan melaporkan keadaannya tersebut ke pemerintah desa," pesannya.

Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur Ahmad Gazali mengungkapkan, bantuan yang dikirim untuk dapur umum di Muara Pelantau berupa beras minyak goreng, mie instan dan telur.

"Logistik bahan makanan itu tidak dibagikan kepada rumah tangga terdampak banjir tapi semua diserahkan ke dapur umum yang telah disiapkan pemerintah desa setempat," jelasnya.

"Selain menyerahkan bantuan berupa bahan makanan, BPBD Damkar juga akan memantau dan memastikan kondisi riil di lapangan, karena pagi tadi kami hanya menerima informasi pemerintah desa via telepon," tuturnya menjelang keberangkatan mengirim bantuan. BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru