Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng: SDM Petani Perlu Regenerasi

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Januari 2024 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Siti Nafsiah mengatakan sumber daya manusia (SDM) petani perlu regenerasi untuk melanjutkan estafet dalam menyediakan pangan daerah maupun secara nasional.

Menurut Nafsiah, tanpa adanya regenarasi terhadap SDM petani, maka hal itu akan berdampak negatif terhadap ketersediaan pangan di Indonesia khususnya Kalteng. Maka dari itu, regenarsi sangat penting.

"Banyak petani kita khususnya di Kalteng ini yang sudah berumur, tentu mereka ini nantinya akan pensiun dari aktivitas itu. Oleh karenanya, perlu regenarasi terlebih melihat potensi dari generasi muda sangat memadai," katanya, Kamis, 18 Januari 2024.

Ia menyebut, potensi dari generasi muda harus dapat digali terutama menjadi petani, sehingga ini memerlukan peran dari pemerintah mendorong para pemuda agar mau menjadi petani, terlebih di era perkembangan zaman menjadi petani tidak lagi sulit.

"Sekarang ini kan alat-alat pertanian itu sudah modern, jadi tinggal hanya generasi muda itu didukung dan diberdayakan, apalagi lulusan jurusan pertanian dari perguruan tinggi setiap tahunnya meningkat mereka ini bisa dilibatkan," ujarnya.

Saat ini, pemerintah tengah fokus dalam hal pemgembangan pertanian baik di daerah maupun nasional, sehingga menjadi momentum yang tepat untuk melakukan regenarasi dan melirik potensi generasi muda dalam menjalankan usaha pertanian.

"Sebenarnya generasi muda itu asalkan didukung mereka pasti mau, dan generasi muda juga jangan malu menjadi petani, sebab keberlanjutan sektor pangan kita ini ada ditangan pemuda, jadi harapan kita pemerintah dan generasi muda bisa saling bersinergi," tutupnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru