Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beragam Upaya Dilakukan untuk Melestarikan Bahasa Daerah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Januari 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis mengatakan bahwa beragam upaya dapat dilakukan dalam melestarikan bahasa daerah.

"Beragam upaya dapat dilakukan dalam hal pelestarian bahasa daerah," kata Muis pada Kamis, 18 Januari 2024.

Pendokumentasian terhadap bahasa daerah itu, katanya, menjadi hal yang sangat penting. "Bahasa daerah yang didokumentasikan dalam wujud kamus ekabahasa atau dwibahasa dan tersusun tata bahasanya tentu memiliki nilai lebih dibanding bahasa daerah yang hanya dituturkan," jelas Muis.

Catatan tertulis yang mendukung pelestarian bahasa daerah daerah ini, lanjutnya, juga dapat dimodernkan dengan cara memanfaatkan media digital, seperti dengan membuat kamus digital, kamus bahasa daerah yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

"Selain dapat diakses oleh penutur jatinya, kamus seperti ini tentu juga dapat diakses oleh lebih banyak penutur bahasa daerah lain," katanya lagi.

Tidak berhenti di situ, lanjut Muis, bahasa daerah dapat dijadikan sebagai bahasa dalam film. "Sebut saja film Tilik, film pendek yang sempat banyak diperbincangkan pada pertengahan tahun 2023 lalu. Film itu menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa percakapan di antara para tokohnya," terang Muis. 

Bukankah film itu tidak hanya dinikmati oleh penutur bahasa Jawa, bebernya, lebih luas, film tersebut telah dinikmati oleh ribuan, bahkan jutaan penutur bahasa daerah lain.

"Dengan kualitas media pendukung yang mumpuni, bahasa daerah dapat dikemas lebih menarik dan memadai," katanya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru