Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Sukamara: Ketahanan Pangan Daerah Bisa Berhasil

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Januari 2024 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara yakin bisa mewujudkan ketahanan panga daerah, dimana Bumi Gawi Barinjam memiliki potensi pertanian.

Pejabat Bupati Sukamara, Kaspinor mengatakan dengan bibit 1,8 ton dari pemerintah, petani di Sukamara bisa memanen hasil sebanyak 5 ton sampai dengan 6 ton bawang merah.  

“Ini juga kita saksikan bersama-sama, yang artinya yang berkenaan dengan ketahanan pangan daerah, yang kita cita-citakan itu insya Allah ini bisa berhasil di Kabupaten Sukamara,” kata Kaspinor pada acara panen bawang merah bersama Poktan Karya Tani Rumpun Bersama pada acara gerakan tanam cepat dalam rangka pengendalian inflasi, Senin, 22 Januari 2024.

Menurut dia, selain bawang merah, pemerintah daerah juga mengembangkan berbagai komuditi lainnya, seperti cabai, terong dan juga jagung. 

“Dan kita sudah mengembangkan berbagai komunitas juga, kita dorong sektor pertanian dalam artian luas, agar ketahanan pangan daerah itu betul-betul terwujud. Dan kita juga berusaha untuk mengendalikan inflasi ini melalui komoditas-komuditas hasil olah atau hasil yang dari produksi kita sendiri,” ujarnya.

Kaspinor menambahkan, selain melibatkan petani yang sudah berpengalaman, pihaknya juga melibatkan generasi melanial dalam program pertanian yang dilaksanakan pemerintah agar terjadinya transfer pengetahuan pertanian.

"Supaya mereka di samping mendapatkan ilmu pengetahuan disekolah kejuruan bidang pertanian, tetapi mereka juga sudah ditempa dengan pengalaman-pengalaman pertanian yang kita galakan di Kabupaten Sukamara," tukas Kaspinor. (NORHASANAH/j)

Berita Terbaru