Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diperlukan Kolaborasi Berbagai Pihak untuk Mendukung Budaya Gemar Membaca di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Januari 2024 - 03:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bunda Literasi Kabupaten Barito Timur Melly Novita Indra Gunawan mengatakan, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mendukung budaya gemar membaca di Barito Timur.

Dia pun membeberkan, indeks literasi di Indonesia yang masih sangat rendah. Indonesia berada pada peringkat ke-62 dari 70 negara.

Kemudian berdasarkan kajian Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah yang bekerjasama dengan dinas perpustakaan kabupaten dan kota,  didapatkan data rendahnya tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan serta masyarakat kalimantan tengah yang memanfaatkan perpustakaan

"Melihat permasalah yang telah disebutkan tadi di atas maka diperlukan sebuah kolaborasi serentak dan masif dari semua lembaga/swasta serta stakeholder yang ada, untuk mendukung pembudayaan gemar membaca di Barito Timur," kata Melly Novita saat menyampaikan sambutan pada acara pengukuhan duta baca dan sosialisasi budaya baca serta literasi melalui lomba lukis, mewarnai dan bercerita tingkat pendidikan dasar, di GPU Mantawara Tamiang Layang, Senin, 22 Januari 2024.

Sebagai bunda literasi, dia berharap para peserta lomba mengurangi penggunaan gadget atau handphone dalam aktivitas sehari-hari dan menggantinya dengan membaca buku.

"Jadi ada jamnya bermain handphone, kita mencintai buku, buku bacaan itu lebih banyak menambah wawasan kita walaupun dari gadget kita bisa mengetahui dunia luar dengan gadget kita, tapi melalui buku kita bisa terarah dan banyak manfaat lain yang kita dapatkan dari membaca buku," pesan Melly.

Dia menilai peran bunda literasi kecamatan sangat penting untuk membantu pemerintah daerah dalam menggalakkan promosi membaca dan meningkatkan literasi keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

"Saya berharap kita sebagai duta bagi anak-anak kita kita tidak hanya minta anak-anak kita supaya gemar membaca tapi kita mengenalkan buku bacaan kepada anak-anak kita," tandasnya.

Selain mengukuhkan duta baca, pada kesempatan itu, Melly juga membacakan cerita untuk anak-anak. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru