Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebanyak 1.903 Penutur Bahasa Berhasil Terbina di 2023

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2024 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis mengatakan bahwa di sepanjang tahun 2023 sebanyak 1.903 penutur bahasa telah berhasil terbina.

"Penutur bahasa terbina sebanyak 1.903 orang," kata Muis pada Senin, 22 Januari 2024.

Hal ini dikatakan Muis saat Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dengan gembira menyelenggarakan taklimat media di Kafe Mamink Kitchen kemarin dengan dihadiri oleh sejumlah awak media untuk membahas dan membagikan pencapaian serta produk Balai Bahasa sepanjang tahun 2023.

"Capaian ini menunjukkan komitmen Balai Bahasa dalam menjaga keberagaman bahasa di Kalimantan Tengah," kata Muis lagi.

Penutur bahasa terbina ini menurut Muis hanya satu dari beberapa capaian lainnya, seperti Balai Bahasa Kalteng juga telah berhasil membina dan didampingi 22 komunitas literasi selama 2023.

"Harapan kami 22 komunitas literasi ini dapat menjadi wadah yang produktif untuk meningkatkan minat baca di masyarakat," tuturnya lagi.

Seluruh pencapaian tersebut, kata Muis, membawa Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP kategori A.

"Ini mencerminkan kinerja dan dedikasi yang luar biasa," katanya.

Acara taklimat media ini juga melibatkan sesi tanya jawab, di mana beberapa peserta aktif bertanya mengenai bentuk pengimplementasian Revitalisasi Bahasa Daerah, memberikan saran terhadap produk-produk yang dihasilkan, dan menyampaikan keinginan untuk bekerja sama.

Kepala Balai mengapresiasi partisipasi peserta dan menegaskan bahwa upaya yang dilakukan harus terus berfokus, berkolaborasi, dan berkelanjutan guna mewujudkan visi keberhasilan dalam tiga program prioritas dan trigatra bangun bahasa di Kalimantan Tengah.(TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru