Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Palangka Raya Lantik 814 Pengawas TPS

  • Oleh Pathur Rahman
  • 23 Januari 2024 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Palangka Raya melantik 814 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang akan bertugas mengawasi jalannya Pemilu 2024 di daerah setempat.

Pemilu 2024 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota.

Ketua Bawaslu Palangka Raya, Endrawati, mengatakan bahwa 814 PTPS yang dilantik telah melewati proses rekrutmen yang cukup ketat, mulai dari penelitian berkas hingga tes wawancara.

“Ratusan PTPS tersebut, nantinya akan mulai melaksanakan kerja pengawasan dari mulai tahapan masa tenang hingga berakhirnya tahapan pemungutan dan perhitungan suara,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Januari 2024.

Endrawati menjelaskan, mereka akan ditempatkan di TPS yang ada di Kota Palangka Raya masing-masing 1 orang. Ini sesuai dengan jumlah TPS yakni 814, terbagi menjadi tiga daerah pemilihan (Dapil).

Sebelum melaksanakan tugasnya, para PTPS akan diberikan pembekalan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pembekalan tersebut meliputi materi regulasi, kode etik, mekanisme pengawasan dan penanganan pelanggaran.

“Harapan kita PTPS yang sudah dilantik, dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Memahami regulasi, mencegah terjadinya pelanggaran di wilayah TPS dia bekerja,” pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru