Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Melalui Pelabuhan di Kalimantan Tengah Menurut Sektor Didominasi Hasil Industri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2024 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ekspor melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah selama November 2023 didominasi oleh hasil industri, yaitu sebesar US$47,50 juta atau 80,30 persen dari total ekspor melalui pelabuhan di Kalteng.

"Ekspor hasil industri tersebut berasal dari kelompok lemak dan minyak hewani/nabati yakni minyak kelapa sawit, kayu dan barang dari kayu yakni kayu olahan, dan ampas/sisa industri makanan yakni bungkil kelapa sawit," kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Selasa, 23 Januari 2024.

Selama November 2023, lanjutnya, layanan ekspor komoditas tambang melalui pelabuhan di Kalteng mencakup 15,79 persen dari total ekspor melalui pelabuhan Kalteng. 

"Sebagian besar ekspor komoditas tambang dilakukan melalui pelabuhan di luar Kalteng," bebernya.

Nilai ekspor hasil tambang melalui pelabuhan Kalteng pada November 2023 mencapai US$9,34 juta. Ekspor hasil tambang tersebut berasal dari kelompok bahan bakar mineral yakni batu bara dan lignit.

"Berbeda dengan ekspor hasil tambang, ekspor produk-produk pertanian di Kalteng sebagian besar dilakukan melalui pelabuhan di Kalteng. Selama November 2023, ekspor produk-produk pertanian di Kalteng melalui Pelabuhan Kumai dan Bandar Udara Tjilik Riwut," jelas Eko lagi.

Nilai ekspor produk pertanian melalui pelabuhan di Kalteng, lanjutnya, pada November 2023 mencapai US$2,31 juta.

"Produk pertanian tersebut berasal dari kelompok bahan nabati untuk anyam-anyaman seperti hasil hutan bukan kayu lainnya, serta ikan dan udang yakni ikan hidup hasil budidaya," tutur Eko. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru