Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Lamandau Pantau Persiapan Distribusi Logistik Pemilu

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Februari 2024 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau Yustedi, turun ke gudang logistik KPU setempat guna memantau kegiatan pengecekan dan penempelan segel yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Lamandau.

Yustedi menyampaikan, terkait kesiapan  KPU Lamandau pada distribusi logistik yg direncanakan  pada H-2 untuk 7 (Tujuh) Kecamatan kecuali Kecamatan Bulik yang dilaksanakan pada H-1 sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari mendatang.

“Kami mengingatkan sebelum Proses distribusi logistik nanti, pada proses packing logistik, baik itu surat suara,  formulir-formulir, DPT, maupun logistik lainya agar dilakukan pengecekan secara teliti,” ungkap Yustedi di Nanga Bulik, Kamis, 1 Februari 2024.

Hal itu, lanjut Dia, penting dilakukan untuk menghindari terjadinya kekurangan logistik pada saat pembukaan di TPS sehingga akan menghambat tahapan pemungutan suara yang telah disusun jadwal pelaksanaannya sesuai aturan yang berlaku.

“Hasil pantauan Kami, pada packing Pemilu 2024 KPU melibatkan kawan-kawan PPK dari masing2 kecamatan dan khusus Kec.Bulik melibatkan kawan-kawan PPS, guna meminimalisir kekurangan logistik nantinya,” imbuhnya.

Secara umum, Yustedi juga  menambahkan bahwa semua tahapan Pemilu di Lamandau hingga saat ini  berjalan sesuai ketentuan. "Penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta stakeholder terkait. Kami juga selalu melakukan pemgawasan melekat untuk setiap tahapan Pemilu," sebutnya.

Terkait situasi politik di Kabupaten Lamandau, Ketua Bawaslu yang sebelumnya juga menjadi salah satu Komisioner KPU Lamandau itu membeberkan bahwa suasana perpolitikan menjelang Pemilu 14 Februari 2024 masih aman dan terkendali.

“Kita sudah 3 kali mengadakan Rakor dgn Para Camat, Kades, dan BPD dalam rangka menjaga Netralitas dan supaya tdk terlibat politik praktis, diharapkan mereka bisa menyampaikan kepada  masyarakat untuk menjaga Kantibmas di wilayah masing-masing, pada masa kampanye dan mendekati masa tenang pada tanggal 11 sd 13 Februari 2024,” ujarnya.

Dirinya berharap  agar pelaksanaan Pesta Demokrasi di Bumi Bahaum Bakuba dapat berjalan aman, damai, tertib sampai proses Penetapan Calon terpilih nantinya.

“Harapan kita, pesta demokrasi tahun ini dapat berjalan sesuai dengan koridor dan aturan yang berlaku, serta menghasilkan para wakil rakyat dan pemimpin yang membawa kemajuan bangsa kedepan,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/H) 

Berita Terbaru