Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Gencar Bangun Industri Pangan Kawasan Food Estate

  • Oleh Marini
  • 02 Februari 2024 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalimantan Tengah gencar membangun infrastruktur pendukung hilirisasi industri pangan di kawasan food estate.

Keseriusan ini dibuktikan di antaranya dengan dibangunnya mulai dari pabrik beras modern atau Rice To Rice (RTR) di Kabupaten Pulang Pisau. Tujuan pembangunan RTR itu adalah untuk mengoptimalkan pengolahan beras padi petani lokal yang berasal dari penggilingan padi di wilayah setempat.

"Untuk diproses menjadi beras kualitas premium. Sehingga tidak ada lagi petani yang mengolah padinya ke provinsi tetangga atau Kalimantan Selatan," tutur Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran Kamis, 1 Februari 2024.

Dirinya menyebut, pertanian Kalteng secara umum menunjukkan pertumbuhan positif. Hal ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh petani, kelembagaan pertanian serta para penyuluh pertanian yang tersebar di pedesaan. 

Keberhasilan tersebut ditandai dengan Inflasi Kalteng yang tetap terkendali dan lebih rendah dari capaian inflasi nasional. Dan program Nasional Food Estate yang terus diupayakan membantu pertumbuhan Indeks Pertanaman (IP) dan ekonomi petani.

"Hal ini juga tergambar dari adanya Peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP) dari tahun ketahun. Contohnya, pada triwulan III (Oktober 2023) lalu NTP sub sektor tanaman pangan, hortikultura dan peternakan telah mencapai 118,77 persen," jelasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru