Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Pemprov Kalteng dan Swasta Ringankan Beban Warga Terdampak Banjir di Barut

  • Oleh Ramadani
  • 02 Februari 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dan pihak swasta terhadap korban banjir sangat meringankan beban masyarakat setempat. 

Barito Utara salah satu kabupaten yang mengalami musibah banjir di Kalimantan Tengah. Sehingga keberadaan pasar penyeimbang tentunya sangat membantu.

"Di Barito Utara ada sekitar 16 ribu rumah tangga yang terkena dampak banjir serta sebanyak 62 ribu jiwa yang terkena banjir. Sehingga pasar peyeimbang sangat membantu masyarakat," kata Muhlis.

Dikatakannya, sejak mulai terjadinya banjir Pemkab Barito Utara menyiapkan sembilan bahan pokok. Seperti beras sebanyak 160 ton, kemudian gula pasir 16,5 ton, minyak goreng dan sejumlah bahan pokok lain dari pihak swasta (perusahaan) yang berinvestasi di wilayah Barito Utara.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang sudah menyalurkan bantuan alat kesehatan dan obat-obatan juga beberapa paket sembilan bahan pokok untuk warga di Barito Utara,” kata Muhlis, Jumat 2 Februari 2024..

Muhlis juga menyampaikan, bantuan yang datang dari BNPB Pusat berupa perahu karet, tenda dan lain-lainnya.

"Dan kami juga memperoleh bantuan dari Kementerian Sosial beberapa hari yang lalu," ucap Muhlis.

Pj Bupati juga berharap, dengan adanya pasar penyeimbang ini akan sangat membantu masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

"Memang sekarang kondisi Inflasinya sudah mulai stabil,"  imbuh Muhlis.

Lebih lanjut Pj Bupati mengungkapkan, saat ini inflasi sudah mulai turun yang awalnya 3,6 turun menjadi 2,7 turun lagi menjadi 2,5.

"Sekarang sudah berada di angka 0,4 dibawah 0,5 persen tetapi masih belum sama angkanya di bulan Desember jadi masih tinggi tetapi relatif kecil tetapi tidak masuk di 10 besar dibandingkan dengan minggu minggu yang lalu," terangnya.

Hal ini, kata dia, tentunya adalah berkat bantuan yang di kucurkan kepada masyarakat sehingga warga tidak berbelanja banyak. 

Berita Terbaru