Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Saran BPBD Kapuas Terkait Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Februari 2024 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga turut menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) pendistribusian logistik Pemilihan umum (Pemilu) 2024, bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas, Jumat, 2 Februari 2024.

Dalam Rakor yang digelar KPU Kabupaten Kapuas tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga menyampaikan paparan terkait kondisi prakiraan cuaca dan alam yang terjadi saat ini dan sejumlah saran terkait pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Sinaga menyebutkan Berdasarkan prakiraan Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa hujan masih terjadi hingga akhir Februari dengan itensitas tinggi. 

"Untuk itu kami menyarankan agar pendistribusian logistik pemilu ke daerah mempertimbangkan resiko rusak terkena air hujan/banjir. Karena hampir seluruh logistik pemilu tidak tahan air,” kata Panahatan Sinaga.

Lebih lanjut, BPBD Kapuas juga menyarankan untuk penyimpanan logistik Pemilu agar memperhatikan lokasi yang aman dari bencana banjir atau mencari lokasi yang tinggi. 

“Untuk lokasi tempat pemungutan suara (TPS) saran kami agar ditempatkan di lokasi yang aman dari banjir dan cuaca ekstrim,” ucapnya.

Kemudian, dia juga menyarankan agar KPU dan jajaran juga perlu mempersiapkan lokasi alternatif TPS untuk mengantisipasi banjir pada saat hari H pencoblosan.

"Ini sudah kami sampaikan di hadapan forum Rakor tadi. Kami BPBD siap berkoordinasi dan menjalankan suksesnya Pemilu yang aman dan damai," pungkasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru