Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekonomian Kalteng Terus Membaik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 April 2024 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) menilai perekonomian Kalteng masih stabil dan terus membaik.

“Perkembangan ekonomi regional Kalteng terus mengalami perbaikan walaupun masih dibayangi oleh ketidakpastian kondisi global,” sebut Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalteng, Wawan Juswanto dalam keterangan persnya, Senin, 29 April 2024.

Wawan menyampaikan pada sisi fiskal, realisasi pendapatan dan belanja APBN per 31 Maret 2024 tetap solid dan kredibel, karena APBN tetap terjaga dengan kinerja keseluruhan yang on-track.

Selain itu data Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng, menunjukan tingkat inflasi pada Maret 2024 mencapai 0,66 persen bulan ke bulan (mtm) atau 2,72 persen tahun ke tahun (yoy) yang relatif terkendali masih.

“Ini lebih rendah dari tingkat (inflasi) nasional sebesar 3,05 persen (yoy),” tambahnya.

Ia mengatakan komoditas yang menjadi penyumbang inflasi bulan ke bulan (mtm) pada Maret 2024 antara lain Daging Ayam Ras, Beras Cabai Rawit, Telur Ayam Ras, dan Angkutan Udara.

 

Sedangkan dalam rangka mendukung pengendalian inflasi di regional Kalimantan Tengah, terdapat peran Belanja Pemerintah, dimulai dari penguatan sisi permintaan (demand side) masyarakat melalui Bantuan Sosial, seperti BLT, PKH, dan subsidi harga bahan makanan pokok.

Kemudian, penguatan sisi penawaran (supply side), yaitu menjamin kelancaran pasokan dan pengendalian harga pangan, serta dukungan sektor pertanian lokal.

Terakhir ada penguatan kapabilitas dan kualitas konektivitas darat untuk meningkatkan kelancaran distribusi logistik antar wilayah. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru