Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Kelautan Kotim Perlu Dioptimalkan

  • Oleh M. Rifqi
  • 12 Mei 2016 - 18:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta memaksimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam kelautan. Potensi kemaritiman di wilayah Bupati Supian Hadi ini, besar dan ini layak diseriusi serta dikembangkan. Potensi sumber daya kelautan bukan hanya bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Melainkan juga bisa mewujudkan daerah ini menjadi salah satu daerah maritim dengan potensi kelautan dan perikanan yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

'Dengan potensi SDA yang melimpah itu, perlu ada pengaturan dalam memanfaatkan, agar tetap seimbang dan habitatnya terjaga dengan baik. Karena dengan ekosistem yang baik, ikan dan biota laut lainnya akan tetap terjaga, dan nelayan akan sejahtera,' kata Sekretaris Komisi II DPRD Kotim Sanidin, Kamis (12/5/2016).

Sanidin mengatakan, untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya kelautan berbasis ekonomi, diperlukan pengembangan kawasan perikanan. Dengan begitu, pembangunan bidang kelautan dan perikanan bisa berjalan secara konsisten, sistematik, dan berkesinambungan. "Pola pembangunan perikanan yang seperti itu, tidak hanya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah, melainkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.'

Selain itu, untuk menjaga habitat ada di perairan Kotim, sangat penting dibentuk kawasan konservasi perairan pesisir. Partisipasi masyarakat juga harus ditingkatkan dalam rangka mendukung pengelolaan wilayah pesisir.

'Kami di legislatif akan bersama-sama eksekutif mengawal dan merealisasikan pengembangan kemaritiman ini, untuk memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,' kata Sanidin. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru