Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Sawit Kalteng Urutan Ketiga Terluas se-Indonesia

  • Oleh Marini
  • 05 Februari 2024 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menggelar forum diskusi dengan tema prospek perkebunan sawit pasca Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK). Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Kalteng dan unsur Forkompinda, berlangsung di Swiss Bel Hotel Danum Palangka Raya, Senin, 5 Februari 2024.

Dalam kata sambutannya Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gapki Hadi Sugeng mengatakan, forum diskusi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan kelapa sawit yang terjadi di Kalteng. Dengan dibantu oleh pihak aparat keamanan dan Pemprov Kalteng.

"Kalimantan Tengah memiliki lahan sawit terluas ketiga setelah Riau dan Kalimantan Barat. Produksi dan probabilitas kelapa sawit 5 tahun terakhir turun. Adanya diskusi ini menghasilkan solusi dan rekomendasi untuk memajukan sektor perkebunan," katanya, Senin, 5 Februari 2024.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, berdasarkan data jumlah dan luas perizinan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah (total 295 unit dengan luas 3,272 juta Ha dan sudah operasional 197 unit seluas 2,267 juta Ha).

"Kalimantan Tengah saat ini menempati peringkat ke-3  terluas perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Jumlah tersebut belum termasuk dengan sawit rakyat. Demikian pula halnya dengan produksi CPO yang mencapai 6,937 juta ton per tahun," jelasnya.

Pihaknya optimistis dan mengapresiasi adanya iklim investasi sawit yang baik, dan mendorong agar hasil produksinya berdampak kepada masyarakat sekitar, antara lain penanganan kesehatan, penyerapan tenaga kerja, pendidikan, infrastruktur hingga peningkatan perekonomian dan kesejahteraan.

Dirinya juga berharap adanya diskusi tersebut, dapat mengikuti forum ini dengan seksama dan memanfaatkan kesempatan ini untuk bertukar informasi dan ide.

"Forum diskusi ini dapat menghasilkan solusi dan rekomendasi yang konkret untuk memajukan sektor perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru