Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hilirisasi Sawit dengan Teknologi Beri Dampak Positif Terhadap Industri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Tugas atau Plt Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia atau DMSI, Sahat Sinaga, mengatakan bahwa hilirisasi sawit dengan teknologi yang ada saat ini telah memberikan dampak positif terhadap industri ini.

"Pada tahun 2023, nilai usaha hilirisasi sawit mencapai US$ 62,9 miliar, dengan rincian, ekspor sebesar US$ 38,4 miliar, domestik US$ 21,4 miliar, dan biomassa US$ 3,1 miliar," kata Sahat dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Senin, 5 Februari 2024.

Meskipun mengalami peningkatan, lanjutnya, industri sawit Indonesia masih kalah dengan Malaysia yang telah memiliki sekitar 260 produk turunan sawit.

"Hilirisasi Industri Sawit dengan jumlah jenis produk sebanyak 54 jenis di tahun 2007 meningkat ke 179 jenis di tahun 2023, dan kesempatan masih terbuka luas untuk dikembangkan agar meningkatkan revenue sawit kita,"  ujar Sahat lagi.

Sahat juga menekankan perlunya satu badan khusus untuk mengoptimalkan laju industri sawit.

"Hal ini dianggap penting agar tumpang tindih regulasi yang menghambat perkembangan industri sawit dapat diselesaikan," bebernya.

Dia menyoroti keamanan dan stabilitas regulasi di Malaysia yang mendukung kemajuan industri sawit mereka. (TESTI PRISCILLA/Y)


TAGS:

Berita Terbaru