Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa SMAN 5 Palangka Raya Diminta Tanamkan Kesadaran Diri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kesadaran diri untuk melakukan sesuatu yang positif dan bermanfaat begitu penting. Dengan kesadaran diri kita akan dapat melakukan sesuatu yang baik dengan ringan dan tanpa tekanan atau paksaan.

Para siswa juga harus memiliki kesadaran diri yang baik. Salah satu kesadaran diri seorang siswa yang harus diwujudkan adalah senantiasa sadar untuk belajar.

"Sebagai siswa, jalian harus punya kesadaran diri yang kuat untuk belajar. Berangkat ke sekolah dan melakukan aktivitas belajar selama sepuluh jam pelajaran harus dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh.  Sadar diri waktunya belajar adalah untuk belajar, bukan untuk bermain," kata Pembina Upacara, Sandora, dalam amanatnya dalam upacara Senin, 5 Februari 2024 di halaman SMAN 5 Palangka Raya.

Siswa juga harus sadar lingkungan agar turut menciptakan suasana kelas dan sekolah yang bersih, tenang, dan nyaman. Jika sadar lingkungan sudah tercipta, tentu siswa akan lebih tenang dan bersemangat dalam belajar. 

"Salah satu bentuk sadar lingkungan itu adalah senantiasa menjaga kebersihan dan ketertiban. Tidak membuang sampah sembarangan adalah wujud sederhana sadar akan kebersihan lingkungan," tegas guru PKWU ini.

Berikutnya, sadar waktu juga perlu dimiliki siswa. Memanfaatkan waktu malam hari dengan belajar dan mempersiapkan diri untuk belajar esok harinya adalah bentuk kesadaran diri yang baik. Waktu itu sangat berharga dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Siswa harus membatasi diri untuk keluar malam yang tidak perlu atau begadang atau hanya menghabiskan waktu bermain gim. Manfaatkan waktu untuk  belajar agar memperoleh sesuatu yang baik. Apalagi, para siswa kelas XII tentu harus lebih mengefektifkan waktu untuk belajar agar lebih siap menghadapi ujian sekolah," tuturnya menegaskan.

Ya, memang kesadaran diri sangat penting agar kualitas diri untuk berubah menjadi lebih baik dapat diwujudkan. Semoga para siswa berupaya mewujudkan kesadaran diri yang baik untuk berubah menjadi lebih baik pula. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru