Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jemaah Calon Haji Kapuas Diberikan Pembekalan Sejak Dini Lewat Manasik Haji

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Februari 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kapuas diberikan pembekalan sejak dini melalui manasik haji.

Hal itu disampaikan Sekretaris daerah (Sekda) Kapuas, Septedy usai membuka acara pelaksanaan Manasik Haji Provinsi Kalimantan Tengah tahun 1445 H / 2024 M di Kabupaten Kapuas, bertempat di aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

"Tentunya kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman akan mansik haji, dimana manasik haji merupakan sebuah perjalanan rohani yang sangat agung bagi umat Islam," katanya, Rabu, 7 Februari 2024.

Dirinya juga mengatakan pembekalan CJH dengan pengetahuan ibadah haji sejak dini merupakan salah satu strategi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan jamaah di tengah semakin panjangnya antrian jamaah haji. Sebagai informasi Kalimantan Tengah masa tunggunya adalah 27 tahun.

"Pembimbingan dan penyuluhan ini juga tentunya secara psikologis akan membentuk ikatan silaturrahim yang kuat antara pemerintah dengan jamaah dan antara jamaah dengan jamaah sebelum berangkat ke tanah suci," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan juga bahwa jumlah calon jamaah haji yang berasal dari Kapuas sebanyak 300 orang dengan estimasi keberangkatan tahun 1445 H / 2024 M. 

Harapan pun disampaikan semoga para calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 2024 ini memperoleh haji yang mabrur dan meningkatkan kualitas iman, ilmu dan amal shaleh baik secara individual maupun secara sosial.

"Besar harapan kami agar bapak atau ibu calon jamaah haji dapat mengikuti manasik haji ini dengan disiplin dan tertib walapun telah memiliki ilmu mengenai Manasik Haji," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil kemenag Provinsi Kalteng Hasan Basri, Plt Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng Ahmad Fahruka, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kapuas H Hamidhan dan perwakilan Forkopimda Kapuas. (DODI/j)

Berita Terbaru