Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Lakukan Penanganan Pascabanjir

  • Oleh Tim Borneonews
  • 08 Februari 2024 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan Alip Suraya, SP MP mengatakan, sejak banjir melanda Barsel dan ditetapkannya status darurat bencana banjir, tim dari posko yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PMD, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Damkar dan Satpol PP, terus melakukan tugasnya dengan maksimal, untuk membantu masyarakat dalam menghadapi musibah ini.

Kemudian saat ini kondisi banjir sudah surut, namun ditekannya tugas belum selesai. 

“Pada pasca banjir ini yang kita kerjakan pertama adalah layanan kesehatan gratis yang ada di posko Iring Witu Buntok. Sekarang kita ada beberapa bantuan dari instansi seperti dari Dinas Kesehatan Barsel dan Puskesmas. Juga datang bantuan tenaga medis dan obat-obatan dari RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya. Selanjutnya hari ini juga ada datang bantuan kesehatan dari Universitas Palangkaraya,” kata Alip Surya, Rabu, 7 Februari 2024.

Sejauh ini pihaknya melakukan pemulihan pascabanjir dengan bantu masyarakat membersihkan rumah ibadah, sekolah-sekolah atau instansi lembaga untuk melakukan pembersihan.

“Jadi berapa hari termasuk hari ini masih kita kerjakan pembersihan pasca banjir. Maka kita harapankan pasca banjir ini kegiatan masyarakat segera pulih, dapat melaksanakan aktivitas kembali,” tambahnya.

Musibah banjir kali ini tidak terlalu berat karena hanya beberapa hari sudah surut. Hanya saja di daerah hilir tepatnya di Kecamatan Jenamas dan Kecamatan Dusun Hilir banjirnya lebih lama diperkirakan sampai berbulan-bulan.

“Oleh itu kita BPBD selalu siap membantu dinas instansi untuk menyalurkan bantuan banjir kepada masyarakat, BPBD siap siaga di lapangan,” tandasnya. (gor) 

Berita Terbaru