Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu Damai

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Februari 2024 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin mengajak masyarakat mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu, 14 Februari 2024.

“Semua dapat berpartisipasi aktif mensukseskan Pesta Demokrasi ini agar berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif,” ungkapnya usai mengikuti rangkaian peringatan Isra Miraj di Palangka Raya, Jumat malam, 9 Februari 2024.

Ia mengingatkan Pemilu sebagai ajang untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat yang amanah dan membawa keberkahan untuk masyarakat Kalteng.

“(Sekaligus) untuk mewujudkan daerah yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur,” tuturnya.

Sebagai informasi, ada tiga kelompok yang mendapatkan hak pilih dalam pemilu, pertama adalah mereka yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pemilih ini dapat melakukan pemilihan sejak pukul 07.00 pagi - 13.00 wib dan mendapatkan 5 jenis surat suara mulai pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, serta DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Kemudian kelompok pemilih DPT tambahan, pemilih ini terdaftar pada DPT tambahan karena suatu kondisi tertentu atau situasi tertentu sehingga tidak dapat memberikan hak pilihnya di TPS di mana pemilih tersebut terdaftar dan pindah memilih dengan membawa surat pindah memilih.

Waktu pemilihan kelompok ini dimulai dari pukul 11.00 - 13.00 wib atau 2 jam sebelum pemungutan suara ditutup.

Pemilih kelompok Daftar Pemilih Khusus DPK, yakni daftar pemilih yang memiliki identitas kependudukan, tetapi belum terdaftar dalam DPT dan DPTb.

Pemilih ini harus terdaftar dengan menggunakan KTP elektronik dan memberikan suara mulai pukul 12.00 - 13.00 waktu setempat atau satu jam sebelum ditutupnya pemungutan suara dan pemilih ini dapat dilayani sepanjang ketersediaan surat suara masih ada. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru