Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertama Kalinya ke Kalteng, Youtuber Bobon Santoso Ikuti Acara Laluhan di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 April 2024 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Youtuber Bobon Santoso turut mengikuti acara ritual adat Laluhan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-73 Pemkab Kapuas, Kalteng.

Bobon Santoso yang tenar dengan program Masak Besarnya ini tampak bersemangat mengikuti rangkaian acara tersebut pada Senin, 29 April 2024.

Mengenakan pakaian adat Dayak, dirinya merupakan seorang yang aktif membuat konten dan memiliki belasan juta subscriber di Youtube ini turut naik di perahu/kapal bersama dengan Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi bersama Sekda Septedy, unsur Forkopimda dan rombongan.

Laluhan atau "Perang Air" digelar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, perahu mereka berangkat dari Pelabuhan Betang Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir menuju ke perairan di depan Dermaga Danau Mare, Kota Kuala Kapuas. 

Saat kapal berjarak sekitar 15 meter dari dermaga, terjadilah aksi saling lempar batang suli antara yang berada di kapal dan rombongan yang berada di dermaga, tak terkecuali Bobon Santoso juga turut melemparkan batang suli tersebut.

"Kesan kesannya, ini pertama kalinya saya ke Kalteng dan pertama di Kalteng ini bisa bersilaturahmi dengan warga Kabupaten Kapuas. Saya lihat potensi yang luar biasa, sungainya indah dan masyarakatnya toleransi tinggi," kata Bobon saat dibincangi wartawan.

Selain itu, dalam agendanya di Kapuas, Bobon Santoso selanjutnya akan melakukan masak besar, bertempat di lapangan Bukit Ngalangkang Kota Kuala Kapuas.

Adapun Laluhan ini disaksikan antusias warga Kota Kuala Kapuas yang sudah menunggu di Dermaga Danau Mare.

Agenda rutin tahunan ini terasa lebih spesial, karena sekaligus memecahkan Rekor MURI kegiatan Ritual Adat Laluhan dengan batang suli dan perahu terbanyak. (DODI/j)

Berita Terbaru