Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Perempuan Palangka Raya Gelar Simulasi Pemilu 2024

  • Oleh Pathur Rahman
  • 13 Februari 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Palangka Raya mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Aula Lapas, Selasa, 13 Februari 2024. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada calon pemilih yang berada di dalam Lapas. Selain itu, juga untuk memantapkan kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus Lapas.

Kalapas Perempuan Palangka Raya, Sri Astiana, mengatakan bahwa simulasi ini merupakan bagian dari Standard Operating Procedure (SOP) yang harus dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Simulasi ini meliputi beberapa tahapan, yaitu persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, dan pelaksanaan penghitungan suara.

Asti berharap, Simulasi ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada petugas KPPS dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama proses pemungutan suara.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi proses penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 supaya tercipta pemilu yang adil, bersih, serta transparan,” ujarnya.

Sri Astiana menambahkan, Lapas Perempuan Palangka Raya memiliki satu TPS Lokasi Khusus, yaitu TPS 901, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 112 orang.

"Dari jumlah tersebut, 27 orang adalah pegawai lapas dan 84 orang adalah Warga Binaan (DPT Aktif). Kami berharap semua calon pemilih yang berada di lapas dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bijak, serta dapat mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Palangka Raya," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru