Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Indonesia Kalteng Siapkan Rp12,3 Triliun Uang Tunai di Tahun 2024

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Februari 2024 - 01:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh mengatakan bahwa demi memenuhi tugas pokok Bank Indonesia untuk menyediakan uang dalam jumlah yang cukup dan kondisi yang layak edar, BI Kalteng menyiapkan Rp12,3 Triliun untuk tahun 2024 ini.

"Proyeksi uang yang kita sediakan mengalami peningkatan dari sekitar Rp11,8 Triliun di tahun 2023 menjadi Rp12,3 Triliun di tahun 2024 ini," kata Taufik pada Temu Media Bank Indonesia Kilas Balik Perekonomian Kalteng 2023 dan Outlook 2024 pada Selasa, 13 Februari 2024.

Dengan perkembangan ekonomi terkini dan juga kondisi pada kwartal IV yang lebih tinggi dibandingkan kwartal III ini menurut Taufik juga cerminan bahwa kebutuhan uang meningkat.

"Selain itu juga, dengan tahun politik di 2024 ini juga menghidupkan ekonomi sehingga permintaan uang juga mengalami peningkatan," tutur Taufik lagi.

Meski demikian, Taufik menegaskan bahwa kebutuhan akan uang tunai tahun ini masih relatif stabil peningkatannya yakni hanya sekitar 7-10 persen karena ada momentum-momentum yang khusus terjadi di tahun 2024.

"Memang situasi pesta demokrasi mendorong aktivitas peningkatan kebutuhan uang kartal dan mendorong transaksi masyarakat. Tentu ekonomi yang bergerak ini membutuhkan uang tunai sehingga memang ada peningkatan kebutuhan uang tunai tetapi tidak sepenuhnya itu semua karena tahun politik ya," tegasnya lagi.

Ada juga peran kinerja ekonomi yang mengalami peningkatan, kinerja perdagangan, juga pertumbuhan kredit yang di atas 9 persen sehingga membuat kenaikan kebutuhan uang tunai.

"Faktor-faktor ini juga membuat penggunaan uang tunai dicairkan dari perbankkan dan bank mengambil ke Bank Indonesia," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru