Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Edukasi Soal Kanker, Berikut Faktor Pemicunya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Februari 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan atau edukasi kesehatan kepada masyarakat terkait dengan penyakit kanker.

Edukasi kesehatan disampaikan narasumber dari RSUD Kapuas, dr Erny Indrawati, selaku Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE) didampingi, Popo Subroto selaku Koordinator Unit Promkes melalui radio siaran pemerintah daerah.

dr Erny menyampaikan kanker adalah penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali. Akibat dari pertumbuhan sel tersebut akan terbentuk tumor (benjolan yang tidak normal). Jadi semua benjolan yang tidak normal di sebut Tumor.

"Melihat proses terjadinya kanker maka semua orang memiliki risiko mengalami sakit kanker, tetapi ada beberapa faktor risiko yang dapat menjadi pemicu timbulnya kanker," katanya, Jumat, 16 Februari 2024.

Diantaranya, faktor risiko internal antara lain, faktor keturunan atau riwayat dalam keluarga, faktor risiko eksternal, misalnya perubahan hormon dalam tubuh seseorang.

Lalu, berusia di atas 65 tahun, mengkonsumsi alkohol berlebihan, perokok, terpapar sinar matahari berlebihan, obesitas, hubungan seks yang tidak aman.

"Juga paparan bahan kimia berbahaya, dan makanan berpengawet, daging merah yang dimasak tidak matang, makanan cepat saji," ucapnya.

Termasuk gorengan atau makanan yang mengandung tepung yang bila dipanaskan pada suhu tinggi dapat memicu timbulnya senyawa akrilamida yang bersifat karsinogenik.

"Makanan tinggi garam (misalnya ikan asin), makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan, makanan instan/ dalam kaleng yang dalam pengawetannya sering kali menggunakan sodium benzoate, dan sodium nitrit yang bersifat karsinogenik," jelasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru