Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadara Pelaku Usaha Jaga Kebersihan Saluran Air Dinilai Masih Minim

  • Oleh Pathur Rahman
  • 16 Februari 2024 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya  - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya Gloriana Aden menilai, kesadaran pelaku usaha di Palangka Raya khususnya di Jalan Sethadji sangat minim untuk menjaga kebersihan saluran airnya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya saluran air yang dangkal akibat adanya sedimen lemak yang mengendap di depan rumah makan di kawasan Jalan Sethadji.

“Saluran air yang dangkal ini sangat berpotensi menimbulkan banjir saat hujan, karena tidak ada lagi ruang untuk menampung debit air yang besar. Selain itu, saluran air yang kotor juga dapat menjadi sarang penyakit dan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar,” kata Gloriana Aden, Jumat, 16 Februari 2024.

Menurut Gloriana, pihaknya sudah mencoba berkomunikasi dengan pemilik rumah makan yang diduga menjadi sumber pencemaran saluran air tersebut, namun tidak mendapat respon.

“Kami sudah menyampaikan imbauan kepada mereka untuk membersihkan saluran air di depan usahanya, tapi mereka tidak mengindahkannya," jelasnya.

 Gloriana menambahkan, hasil temuan ini akan dilaporkan ke pimpinan dan instansi teknis terkait seperti Dinas Perizinan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Satpol PP untuk ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami berharap agar pelaku usaha di Palangka Raya lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya saluran air yang merupakan salah satu infrastruktur penting bagi kota ini,” tuturnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru