Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sei Ubar Mandiri Terendam Banjir, 96 KK Terdampak

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 18 Februari 2024 - 20:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Desa Sei Ubar Mandiri, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terendam banjir mengakibatkan 96 kepala keluarga (KK) terdampak.

"Kami berada di Desa Sei Ubar Mandiri salah satu desa di Kecamatan Cempaga Hulu. Ini lokasi terakhir yang kami assessment termonitor ada 5 RT dan setiap RT terjadi genangan (banjir)," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Multazam, Minggu, 18 Februari 2024.

Dia mengatakan, jalan yang ia tempuh menuju lokasi dari jalan poros trans Kalimantan lancar. Namun di wilayah desa beberapa segmen tertentu kedalaman air mencapai 95-110 centi meter, cukup dalam.

Sejumlah orang dan keluarga yang melakukan perjalanan di sekitar wilayah tersebut terhambat. Sehingga BPBD Kotim membantu masyarakat yang melintas.

"Kami berharap muka air banjir bisa turun walaupun informasi bisa turun namun sedikit sekali karena sisa air hujan dari hulu masih mengalir di Sei Ubar Mandiri," ujarnya.

Banjir di wilayah tersebut diduga karena tersumbatnya Sungai Ubar sehingga tidak berfungsi optimal mengakibatkan air menggenang di tersebut.

"kita koordinasikan dengan stakeholder terkait agar sungai ubar bisa dinormalisasi sehingga dampak banjir seperti ini tidak terjadi tahun yang akan datang," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru