Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa Kelas X Ikuti Sosialisasi Pemilihan Mapel Pilihan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2024 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Aula SMAN 5 Palangka Raya dipenuhi lebih tiga ratus siswa kelas X yang duduk bersila menghadap ke arah pentas aula. Tampak mereka berseragam batik merah dengan bawahan hitam. Untuk siswa berada pada lajur kanan, sedangkan siswi pada lajur kiri. Apa sebenarnya yang berlangsung

Ya, mereka mengikuti Sosialisasi Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. Kegiatan ini tampaknya begitu penting dan mesti diikuti oleh siswa kelas X. Mereka nanti pada kelas XI akan masuk dalam kelas sesuai dengan kelompok mapel pilihan.

Kegiatan dibuka oleh Wakasek Kurikulum, Kasih, mewakili kepala sekolah, Drs M Ramli seperti dalam rilis SMAN 5 Palangka Raya pada Selasa, 20 Februari 2024. Ia mengimbau siswa untuk memahami pentingnya pemilihan mapel agar lebih siap memutuskan studi lanjutan nanti.

Sejalan dengan itu, guru BK, Sri Wijayanti mengatakan bahwa memilih mata pelajaran harus sesuai minat dan kemampuan dalam mata pelajaran.

"Ini perlu dilakukan agar mata pelajaran yang ditekuni sesuai dengan arah cita-cita karir. Oleh karena itu, siswa perlu instrospeksi dengan melihat kemampuannya," kata Sri.

Melengkapi hal itu, Ketua Tim Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan, Endar Priyo Sulistiyo memaparkan tentang pentingnya menentukan arah masa depan. Siswa perlu mulai sekarang memilih dan menetapkan tujuan setelah lulus SMA, mau melanjutkan kuliah atau mau bekerja.

Penetapan tujuan ke depan ini sangat penting. Berkaitan dengan itu, siswa merdeka memilih mata pelajaran pilihan dengan melihat kemampuan dan bakat yang dimiliki di samping minatnya sesuai dengan rencana karir atau profesi yang menjadi tujuannya.

"Perlu dipahami bahwa dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini pengategorian siswa dalam kelas penjurusan atau peminatan kelompok IPA, IPS, dan Bahasa tidak ada lagi. Siswa bisa memilih mapel pilihan yang terdapat dalam ketiga rumpun mata pelajaran tersebut," bebernya.

Rencananya, kegiatan sosialisasi ini juga akan dilakukan terhadap orang tua/wali siswa pada tanggal 24 Februari 2024 mendatang.

"Ini penting agar mereka juga memahami dan turut  dapat mengarahkan anaknya untuk memilih mata pelajaran pilihan yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat dengan arah kelanjutan studi dan karir yang akan ditempuhnya," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru