Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Pertanian Padi di Desa Terusan Makmur Perlu Terus Didukung

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Februari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Potensi pertanian padi di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas perlu untuk terus didukung oleh pemerintah daerah setempat.

Hal itu disampaikan salah satu petani bernama M Agus Santoso usai melakukan kegiatan panen raya padi dan temu wicara bersama Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi di Desa Terusan Makmur.

"Potensi pertanian di Terusan Makmur blok a ini alhamdulillah hasil lumayan naik, kalau di sini rata rata bisa sampai 6 - 7 ton per hektare kalau memang bagus," katanya, Rabu, 21 Februari 2024.

Kendati memang, kata dia di areal sebelah yang masih dalam satu desa ini ada juga yang masih kurang di kisaran 4 - 5 ton saja, karena faktor pupuk dan bibit unggul kerap menentukan. Sehingga, perlu dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan potensi yang ada.

"Kalau yang bibit unggul hibrida ini agak tahan, kalau jenis biasa yang sudah ditanam itu ditanam lagi, nah itu banyak hama dan penyakitnya lumayan banyak, sehingga hasilnya bisa kurang maksimal," ucapnya.

Karenanya, lanjut dia bantuan bibit varietas hibrida dan kuota pupuk yang cukup dapat direalisasikan oleh pemerintah daerah, sehingga hasil produktivitas pertanian padi ini dapat terus meningkat. 

Diharapkannya juga fasilitas pendukung seperti jalan usaha tani, maupun pemeliharaan irigasi/saluran air juga perlu dukungan dari pemerintah.(DODI/H)

Berita Terbaru