Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Akan Libatkan Forum CSR untuk Bangkitkan Perguruan Tinggi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 22 Februari 2024 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor akan melibatkan Forum CSR untuk bangkitkan seluruh perguruan tinggi yang ada di daerah ini.

"Akan kita buat pertemuan atara pemerintah daerah dan perguruan tinggi, kalau bisa dengan forum CSR. Akan kita bahas dengan forum CSR untuk membiayai perguruan tinggi kita termasuk beberapa sekolah yang perlu kita akomodir yang kondisinya sudah tua," kata Halikinnor, Kamis, 22 Februari 2024.

Karena selama ini pihaknya mengalokasikan anggaran untuk perguruan tinggi dari APBD, namun saat evaluasi dengan gubernur ini menyalahi. Karena perguruan tinggi merupakan kewenangan pemerintah pusat dan SLTA kewenangan pemerintah provinsi. 

Namun, imbuh Halikin, jika pemerintah daerah tidak mengintervensi maka perguruan tinggi di Sampit akan tutup. Karena ketidak mampuan ekonomi mahasiswa untuk melanjutkan kuliah.

"Kita akan rapatkan khusus karena ini berkaitan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) harus betul-betul diperhatikan," ujarnya.

Lanjutnya, jika pemerintah daerah hanya membaca kewenangan, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa dan berujung perguruan tinggi di Sampit tutup. Namun jika melakukan penggabung 5 universitas di Kotim menjadi 1 perguruan tinggi negeri tidak mudah perlu proses dan persyaratan yang sangat ketat.

"Karena kalau 50 perusahaan membantu perguruan tinggi di Sampit akan sangat mendukung peningkatan SDM. Kita sudah gerakkan untuk realisasi plasma, sekarang kita coba forum CSR bergerak," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru