Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Melati Bersama Kelurahan di Kapuas Giatkan PSN Cegah DBD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Februari 2024 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Puskesmas Melati bersama dengan kelurahan menggiatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Wilayah kerja Puskesmas Melati sendiri meliputi Kelurahan Selat Tengah, Kelurahan Selat Barat, Kelurahan Selat Hulu dan Kelurahan Selat Utara.

Plt Kepala Puskesmas Melati, Ahmad Zayad mengatakan pihaknya bersama pemerintah kelurahan menggiatkan kegiatan tersebut.

"Dari laporan kasus di lingkungan kerja Puskesmas Melati dilaporkan ada banyak kasus. Namun dengan adanya laporan tersebut, kita melihat kalau daerah kita adalah endemis dengan keadaan lingkungan, kepadatan penduduk, pola hidup, lalu yang terpenting kepedulian akan lingkungan," katanya, Jumat, 23 Februari 2024.

Sedang untuk langkah pencegahan diantaranya juga melakukan penerangan dengan mobil keliling dan juga pemberian informasi pada masyarakat, pemberian abate untuk tempat air dan pemberantasan sarang nyamuk ( PSN).

"Untuk fogging bila terjadi kasus kita tidak langsung melakukannya. Karena dilakukan survey dulu, dipelajari epidimologi agar tepat sasaran dan efisiensinya. Karena fogging tidak membunuh jentik jentik. Lalu pertimbangan waktu, karena nyamuk aedes agepty itu menggigitnya diwaktu pagi, serta besarang di genangan air bukan media tanah," jelasnya.

Pihaknya bersama lintas sektor juga melakukan kerja bakti pemberantasan sarang nyamuk.

"Bersama dengan Kelurahan Selat Tengah, Selat Hulu, Selat Dalam dan Selat Utara, kita gotong royong untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk ini," tuturnya.

Karena, intinya pencegahan DBD adalah jaga kebersihan dan jangan sampai membiarkan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue ini. (DODI/H)

Berita Terbaru