Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Rusak Bisa Jadi Kendala Distribusi Logistik Pilkades Serentak di Aruta

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 16 Mei 2016 - 18:28 WIB

BORNEONEWS- Pangkut: Jalan rusak dan keterbatasan akses penghubung desa, bisa menjadi satu kendala tantangan dalam penyaluran logistik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2016, di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Terutama di Kecamatan Arut Utara (Aruta). Saat ini sejumlah akses darat penghubung beberapa desa di Aruta kondisinya masih rusak parah.

Camat Aruta, Marwoto menuturkan, sejauh ini pihak kecamatan belum mendapat laporan terkait proses pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa (kades) dari desa-desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak 7 September 2016 . Sebab, akses komunikasi di Aruta sangat terbatas. Selain itu, kondisi jalan penghubung ke sejumlah desa peserta Pilkades Serentak di Aruta saat ini sedang rusak parah.

"Belum ada laporan yang masuk dari masing-masing desa. Soalnya di sini sulit dapat signal. Kemudian jalan penghubung ke desa-desa yang ikut Pilkades Serentak di Aruta juga banyak yang rusak parah. Mungkin nanti hari Kamis (19/5) besok, setelah batas terkahir pendaftaran (balon) baru masuk laporannya," ujar Marwoto, Senin (16/5).

Marwoto menjelaskan, kondisi rusak tersebut terjadi hampir di seluruh jalan penghubung menuju desa-desa peserta Pilkades Serentak di Aruta. Yakni menuju Desa Sukarami, Desa Pandau, Desa Penyombaan, Desa Sambi dan ke Desa Sungai. Sedangkan menuju Desa Riam dan Desa Panahan, menurutnya, kondisinya cukup lumayan atau tidak terlalu parah. Rusak parah akses darat penghubung desa itu terjadi akibat kondisi jalan yang umumnya masih berupa tanah atau perintis.

"Tapi untungnya pengadaan dan penyaluran logistik, seperti surat suara, kotak suara dan lain-lain, ditangani oleh pantia kabupaten. Jadi kita di kecamatan tidak terlalu repot. Tapi kami berharap logistik untuk pilkades tetap bisa sampai tersalurkan ke desa-desa itu."

Sesuai jadwal tahapan penyelenggaraan. Distribusi logistik Pilkades Serentak ke masing-masing desa akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 September 2016. Sedangkan pemungutan suara akan digelar pada 7 September 2016 mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya. Pilkades Serentak Tahun 2016 di Kobar akan diikuti oleh sekitar 35 desa di seluruh kecamatan se-Kobar. Yakni, 5 desa di Kumai, 5 desa di Arsel, 12 desa di Kotawaringin Lama (Kolam), 7 desa di Aruta, 1 desa di Pangkalan Lada, dan 5 desa di Pangkalan Banteng. (RD/*)

Berita Terbaru