Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Ingatkan Kepala Daerah Sediakan Anggaran Ketahanan Pangan

  • Oleh Marini
  • 24 Februari 2024 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran mengingatkan seluruh kepala daerah untuk menyediakan anggaran yang cukup demi penyediaan ketahanan pangan daerah.

"Cadangan pangan daerah harus disiapkan. Ketersediaan anggaran untuk ketahanan pangan daerah merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam mengantisipasi lonjakan harga komoditi pangan di waktu-waktu tertentu," katanya, Minggu, 23 Februari 2024

Ini ia sampaikan berkaca pada pengalaman sebelumnya dalam menangani dampak inflasi. Oleh sebab itu, kata dia, Kalteng harus memiliki ketahanan pangan dalam menghadapi inflasi.

Gubernur melanjutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bersama kabupaten dan kota selama ini fokus terhadap penanganan inflasi berkelanjutan. 

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun wilayah ketahanan pangan," bebernya.

Untuk jangka pendek, dirinya telah menginstruksikan agar menyelenggarakan operasi pasar beras lokal dan komoditas lainnya dengan bekerja sama dengan Bulog, menggunakan anggaran bantuan tidak terduga (BTT).

"Selanjutnya, memberikan subsidi biaya transportasi tepat sasaran untuk menjaga kenaikan harga lebih tinggi, melanjutkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Sekuyan Lombok yang dimaksud untuk mendorong pemenuhan pasokan pada level konsumen rumah tangga," intruksinya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru